Sunday, October 28, 2012

Antara Saya, Rokok, dan Permen




Saya pecinta permen mint.
Ya, sebuah merk permen yang satu itu sudah saya konsumsi sejak lebih dari setahun yang lalu. Bisa dibilang, saya adalah seorang Frozzaholic *pasti kamu tahu permen apa yang saya kamsud*
Bahkan, bangkai selongsong permen itu sudah banyak di kamar saya.. lumayan buat dikoleksi :D

Oke, Saya memang seorang mahasiswa Teknik. Tapi Alhamdulillah, saya bukan seorang perokok.
Bahkan saya tidak menyukai rokok sedikitpun, dari sisi manapun.
Coba-coba sih pasti pernaah.. Namanya juga anak laki, pasti pengen tau ini itu.
Tapi setelah beberapa kali mencoba, saya masih dan tetap tidak mendapatkan "Feel" enaknya ngerokok itu dimana.
*Terpujilah saya*

Saya bingung, rokok itu enaknya dimana?
manfaatnya apa??

Pertama dari sisi kesehatan, sudah jelas tertulis di setiap kemasan rokok dan iklan-iklan rokok, bahwa rokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin.
*oke ancaman yang ke-empat itu saya tidak takut*
Sudah jelas toh, banyak efek negatif dari ngerokok,tapi orang2 tetap saja merokok.
Kalau perment mint, efek sampingnya nyaris 0.
Karena perment mint sekarang sudah Sugar Free jadi tidak perlu khawatir diabetes lagi.


Kedua, enaknya ngerokok itu dimana??
iya sih, emang bikin mulut terasa manis, tapi manisnya itu hanya di bibir saja.
*kok jadi kayak judul lagu sih*
udah gitu manisnya itu sama aja, mau rokok yang (katanya) rasa green tea, yang black, yang ini yang itu. sama saja menurut saya.
Juga efek lebih buruknya, mulut kiita jadi bau aroma tembakau yang dibakar, bahkan badan kita ikutan bau. Bau itu sangat tidak enak, menurut saya.
Lebih enak Permen mint kemana-mana deeh.. enak dan manisnya sudah jelas. Sugar Free pulaa.
Sudah gitu, jelas mulut kita jadi wangi setelah makan permen mint. Wanginya enak. Rasa yang bisa milih banyak opsi. Tiap rasa punya wangi yang beda. Bikin kita PeDe kalau ngobrol sama lawan jenis.


Nah, ini satu point lagi. Ngerokok bisa buat tambah macho itu bohong!
Malah kebanyakkan cewek itu tidak suka dengan cowok yang merokok, Betul?
Bahkan mereka merasa terganggu dengan bau asap rokok.
Kalau kamu bukan perokok, dan saat selesai makan bersama cewek -yang tentunya tidak suka rokok-  kamu bisa tawarkan permen mint yang kamu bawa itu.  
Tidak akan ada cewek yang menolak saat ditawari permen mint
(Kecuali kalau permen mint-nya udah kadaluarsa).
Daripada ditawarin rokok, mereka pasti menolak, 'kan? kalau permen mint, mereka pasti mau deeeh, dan itu bisa menambah keakraban diantara kamu dan dia. (tsaaah)


Dari Sisi ekonomi juga, rokok sangat-sangat tidak bersahabat.
Anggaplah sebungkus rokok seharga 12ribu Rupiah, dan durasi habisnya 3 hari. Maka, sebulan bisa menghabiskan 120.000 Rupiah!! Bandingkan dengan perment mint merk Frozz, dengan harga 6.000 rupiah per selongsongnya, saya bisa menghabiskannya dalam 6 hari. Jadi sebulan hanya menghabiskan 30.000 saja. Lebih hemat kan?


Mungkin dari sisi psikologis, merokok dapat menurunkan tingkat stress.
Tapi itu bukan pilihan yang tepat menurut saya, melihat faktor-faktor buruk yang disebabkannya.
Masih banyak, kok cara menurunkan stress dengan cara yang menyehatkan. Tidak harus dengan Rokok.
Merokok itu tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga orang sekitar.
Mereka menghirup asap yang mereka sendiri tidak mau menghisap.
Ibaratnya Seperti kamu menumpang boker di rumah orang, tapi abis itu ga kamu siram.(Ah, perumpamaan macam apa ini ?!)


Pada Akhirnya merokok atau tidak itu pilihan anda. Saya tidak bermaksud menggurui, saya hanya berbagi opini. Semoga bisa memberi sudut pandang lain dalam hidup anda.
Selamat makan Permen!!! :D

4 comments:

  1. hahaha, bener... daripada dipelototin sama ceweknya krn merokok mendingan berhenti atau tidak pernah mencoba sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencoba sih boleh, biar tau rasanya. Asal jangan ketagihan.

      Delete
  2. bagus ni postingan :D hha betul sekali bg, hamir semua perempuan ga suka sm asap rokok, termasuk saya yang teramat alergi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! daripadi asap rokok, tentunya lebih suka kalau ditawari permen yang wangi, 'kan? :D

      Delete

saran dan kritik dipersilahkan . . . . .