Sunday, June 2, 2013

Batu dari Arab

Beberapa minggu lalu, Paman saya pulang dari menjalankan ibadah Umroh.
Seperti biasanya orang yang pulang dari Mekkah, pasti ada sesi bagi oleh-oleh.

Sayangnya, Saya tidak hadir dalam sesi pembagian cindera mata itu. Jadi pulang-pulang ke rumah udah ada aja itu Kurma, Kacang, Air Dzam-Dzam, dan sekantong plastik benda mirip batu.

Nenek saya (yang ikut sesi bagi oleh2) pun tak bisa menjelaskan apa yang ada di kantong itu. Bentuknya mirip batu untuk akuarium.

Keras, warna-warni, sedikit bermotif, dan keras...
Cukup aneh memang. Jauh-jauh ke Arab, ngasih oleh-oleh batu akuarium.

Anehnya, kami (saya dan nenek saya) ngga ada yang berniat ngebuang, atau menabur batu itu di tanah. Teteup aja di atas meja makan.

Sekitar 3 minggu lebih batu itu diem di atas meja makan. Bahkan masih di dalem plastiknya...

Sampai pada suatu hari, datang saudara kami dari Singkawang yang nginap di rumah.
*nginep semalem doang*
*ngga macem-macem kok*
*beda kamar kok*
*mandinya ngga barengan kok*
OKE FOKUS!

Dia nanya,
"ini apa nih?" sambil nunjuk batu di atas meja makan.

Saya jawab,
"Batu, oleh-oleh Oom Wahyu dari Mekkah.."

Dengan sigap, saudara saya ini membuka plastik batu itu.
Dipencetnya batu itu.
Batunya kesakitan, tapi merintih keenakan.
Batunya dipencet lagi.
Pencetan kali ini agak keras dan membuat batu itu klimaks, dan...
"CROOTTT!!~"
Keluar sesuatu dari batu itu...

Dengan sigap, dia memasukkan batu itu ke dalam mulutnya, sembari berkata.
"Ini sih bukan batu.. ini COKLAT~!"
dia ngomong sambil mengemut lembut batu yang sekarang berubah jadi coklat itu...

Saya merasa malu sama diri saya sendiri...
Saya dibohongi sama batu...
Coklatnya bisa berkamuflase dengan baik menjadi batu... :|

Ternyata, batu yang tadinya tiada guna itu berubah menjadi kudapan yang sangat lezat~

Akhirnya, dia tertawa, saya tertawa, coklatnya ketawa.
Tapi si coklat ketawanya lebay, akhirnya kami makan aja. Biar dia diem...
kami berdua pun makan coklat "batu" itu sampai belepotan..

*) Karna coklatnya udah abis, jadi ga sempet difoto. Berikut rupa dari coklat batu itu dari google dengan keyword "stone chocolate candy"
image

Pesan moral:
1) Bertanya lah kepada orang yang berkompeten
2) Jangan malu untuk bereksperimen
3) Kalau ada pembagian oleh-oleh tuh datang!
4) Don't judge the food by it's texture
5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

No comments:

Post a Comment

saran dan kritik dipersilahkan . . . . .